Header Ads

Breaking News
recent

KPU

Gebrakan pertama yang dilakukan oleh anggota KPU yang baru ditetapkan presiden beberapa waktu yang lalu adalah mengajukan anggaran kepada pemerintah sebesar 47,9 triliun, 15 kali lipat anggaran pemilu tahun 2004 yang hanya sejumlah 3,5 trilyun.


Bukan main, angka yang sangat spektakuler untuk sebuah PEMILU, apabila dibandingkan dengan APBN tahun 2008 yang berjumlah 836,4 Triliun itu , berarti anggaran pemilu sebesar 5,73% dari APBN, hampir sama dengan anggaran pendidikan sebesar 48,4 triliun.

Terlepas dari besarnya anggararan pemilu ini, yang paling mengkhawatirkan adalah akan maraknya korupsi di KPU. Sangat sulit dibayangkan bagaimana anggota KPU dapat mengendalikan uang sebanyak itu, seperti anggota KPU yang lalu yang mempunyai latar belakang relative bersih, tapi terjerumus juga.

Potensi korupsi ini sangat bisa terjadi, sebab mungkin dari sisi kemampuan tekhnis dan ilmu pengetahuan sudah memadai walaupun dengan catatan sebagaimana komentar yang ada di media, tapi ketahanan mental menghadapi godaan godaan yang pasti akan datang dari pihak pihak yang mempunyai target tertentu, itu yang menjadi soal.

Alahualam……………

No comments:

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.